Situs berita Rusia akan tutup karena penunjukan 'agen asing', Europe News & Top Stories

Situs berita Rusia akan tutup karena penunjukan ‘agen asing’, Europe News & Top Stories


MOSCOW (AFP) – Salah satu media independen terakhir Rusia, VTimes, mengumumkan pada Kamis (3 Juni) bahwa mereka akan menghentikan publikasi akhir bulan ini setelah dicap sebagai “agen asing” oleh pihak berwenang.

Pernyataan dari editor VTimes datang pada saat yang sulit bagi jurnalis dan editor Rusia yang tidak bekerja untuk media yang dikelola pemerintah, dengan ruang untuk jurnalisme independen dan suara-suara yang berbeda menyusut secara dramatis.

Editor mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka telah mempertimbangkan beberapa cara untuk melanjutkan publikasi sejak penunjukan bulan lalu, tetapi setiap skenario membuat staf rentan terhadap tuntutan pidana atau penjara.

“Pada dasarnya, VTimes didorong ke ceruk oposisi, media politik. Tapi kami menyusun dan membuat publikasi yang sama sekali berbeda,” kata manajemen dalam sebuah pernyataan.

“Oleh karena itu, kami memutuskan untuk menghentikan penerbitan VTimes pada 12 Juni, Hari Kemerdekaan Rusia.”

Kementerian Kehakiman menjelaskan pada bulan Mei bahwa VTimes ditambahkan ke daftar agen asing Rusia karena terdaftar di Belanda.

Pencitraan merek mengharuskan organisasi bermerek untuk mengungkapkan sumber pendanaan dan melabeli publikasi dengan label.

Penunjukan tersebut dipandang sebagai penghalang bagi pengiklan, dan staf publikasi dengan label tersebut mengatakan stigma tersebut membuat lebih sulit untuk bekerja, termasuk mengutip sumber dalam catatan.

VTimes didirikan tahun lalu oleh editor senior dan jurnalis dari harian bisnis Vedomosti yang dihormati di Rusia, yang berhenti setelah penunjukan pemimpin redaksi yang ramah Kremlin.

Seperti Vedomosti edisi cetak dan online, VTimes diterbitkan dengan latar belakang ikonik berwarna salmon yang sama dengan Financial Times, dan memiliki perjanjian penerbitan dengan surat kabar Inggris.

Keputusan untuk menyebut VTimes sebagai agen asing datang hanya beberapa minggu setelah Meduza, situs berita populer berbahasa Rusia yang berbasis di Latvia, juga menerima label kontroversial, memaksanya untuk meluncurkan kampanye crowdfunding untuk bertahan dari hilangnya pendapatan iklan.

Seperti VTimes, Meduza didirikan oleh jurnalis yang berangkat dari publikasi lain yang diambil alih oleh manajemen yang bersimpati pada narasi politik Kremlin.

Radio Liberty/Radio Free Europe – ditetapkan sebagai “agen asing” pada tahun 2017 – baru-baru ini menghadapi serangkaian denda besar karena ketidakpatuhan terhadap hukum.


Dipublikasikan oleh : https://singaporeprize.co/

About the author