Forum: Pertanyaan yang harus ditanyakan konsumen, Berita Forum & Cerita Teratas

Forum: Pertanyaan yang harus ditanyakan konsumen, Berita Forum & Cerita Teratas


Setiap bisnis, besar atau kecil, ingin dikaitkan dengan praktik dan produk berkelanjutan.

Namun, jika digali lebih dalam, seringkali ditemukan bahwa pertanggungjawaban hanya sebatas kulit.

Ini dikenal sebagai greenwashing, di mana bisnis menyampaikan kesan yang salah dengan menjual produk “ramah lingkungan” yang berkelanjutan, sementara hanya mengubah kemasannya.

Produk berkelanjutan sering kali dihargai lebih tinggi daripada produk biasa. Gimmick pemasaran yang dibuat dengan cermat menargetkan pelanggan yang sadar lingkungan yang tidak keberatan membayar lebih.

Untuk menghindari penipuan seperti itu, penting bagi konsumen untuk memahami arti sebenarnya dari produk berkelanjutan dan berkelanjutan.

Keberlanjutan secara luas berdiri di atas tiga kaki, yaitu lingkungan, sosial dan ekonomi.

Jadi, saat kita membeli produk berlabel “berkelanjutan”, kita perlu memperhatikan hal-hal berikut:

• Siapa yang memproduksi produk?

Misalnya, produk yang diproduksi oleh bisnis kecil yang mendukung masyarakat pedesaan dengan membantu mengangkat orang dari kemiskinan ekstrem dan mengurangi ketidaksetaraan, dapat dianggap lebih berkelanjutan daripada produk yang diproduksi oleh perusahaan besar yang tidak menangani masalah sosial ini.

Dengan memilih produk yang diproduksi oleh bisnis yang lebih bertanggung jawab secara sosial, konsumen dapat mendorong bisnis lain untuk mengikutinya.

•Terbuat dari apa?

Apakah terbuat dari sumber daya yang mudah ditanam, seperti bambu, atau dari produk limbah seperti ampas tebu atau pakaian bekas?

Jika suatu produk menggunakan sumber daya yang tidak dapat diperbarui atau jika produksinya menyebabkan polusi besar-besaran, maka produk tersebut tidak dapat dianggap sebagai produk yang berkelanjutan.

• Dari mana asalnya?

Mengetahui perjalanan produk itu penting.

Produk yang diproduksi secara berkelanjutan, tetapi dikirim dari jarak ribuan kilometer, mungkin bukan pilihan yang paling berkelanjutan.

Sebagai perbandingan, produk yang diproduksi lebih dekat dengan Anda akan memiliki jejak karbon yang lebih rendah, karena jumlah bahan bakar yang digunakan dan gas rumah kaca yang dihasilkan berkurang.

• Seberapa besar kontribusi produk terhadap produksi limbah?

Aspek penting lainnya adalah jika produk merupakan bagian dari ekonomi melingkar.

Kecuali sebuah produk dapat digunakan kembali, didaur ulang, digunakan kembali atau dikurangi, itu tidak benar-benar berkelanjutan.

Karena itu, lain kali Anda membeli produk, jangan hanya melihat kemasannya.

Cari detail lebih lanjut yang diberikan pada label dan sertifikasi pihak ketiga yang dapat diandalkan.

Jika tidak, satu-satunya hal yang akan dipertahankan adalah saldo bank bisnis.

Snigdha Sharma (Dr)


Dipublikasikan oleh : http://54.248.59.145/

About the author